iraw tengkayu



Iraw Tengkayu 2005 Sangat Meriah

02 Januari 2006 | dibaca 908 kali

Acara Puncak Sewindu Kota Tarakan yang jatuh pada 31 Desember 2005 ditutup dengan sebuah acara kolosal yang sudah lama tidak terdengar lagi gaungnya. Acara tersebut bernama Iraw Tengkayu 2005. Sebelum menapak ke acara tersebut, banyak agenda kegiatan yang dilakukan dalam memeriahkan kegiatan itu. Diantaranya, pertunjukan Band dan Musisi dari Jakarta dari Grup Band Ungu, BIP sampai Libero,juga tidak ketinggalan Yodokisi yang telah menelorkan I albumnya akhir 2005 yang lalu. Grup band yang semuanya digawangi anak-anak Tarakan ini tampil memukau dalam beberapa pagelarannya tidak kalah dengan seniornya,BIP, Unggu dan Libero.

Lalu kemudian, acara pameran pawai kendaraan klasik (kuno) sepak bola se-Utara yang menampilkan Nunukan United sebagai juara setelah mengkandaskan Tarakan Junior dengan score 2-1,dan banyak lagi acara yang digelar.

Saat acara puncak sewindu Kota Tarakan, diawali prosesi Adat Suku Tidung dengan memikul Padau (perahu) Tuju Dulung yang dilakukan pria kekar berpakaian adat suku asli Bumi Paguntaka ,Tarakan . Perahu didisain sangat esentrik ini memiliki panjang 7 meter dan dengan lebar hampir dua meter lebih diarahkan ke tokoh adapt setempat,kemudian dilakukan sedikit acara ritual lalu kemudian di lepaskan ke laut .

Acara yang dihadiri semua tokoh adat dan para pejabat eksekutif dan legislatif itu berlangsung meriah karena masyarakat Tarakan dan beberapa daerah lainnya dari Utara Kaltim juga hadir menyaksikan acara itu dan memadati pantai Amal sejak pagi hari hingga pukul 14.20 saat acara itu digelar.

Walikota Tarakan dr H Jusuf SK usai acara pada media mengatakan, Pemerintah Kota Tarakan akan mengagendakan kegiatan ini (Iraw) tiap dua tahun sekali. Dan berjanji akan mengajak Investor membangun pantai amal ini sebaik mungkin.

Diperkirakan dana yang di perlukan untuk mempercantik pantai amal sebagai obyek wisata menguntungkan adalah sekitar 70 milyar “Kami sudah melakukan kontak dengan investor dari Malang dan mereka berjanji akan merespon hal ini“ kata Jusuf SK .

Tapi tidak tertutup kemungkinan ada para pemegang modal lain dari luar negeri yang berkeinginan bekerja sama, kami welcome saja, tambah ia lagi .

Sementara Ketua Adat Lembaga Tidung Tarakan Mochtar Idris mengatakan, pihaknya dan para sesepuh Suku Tidung telah mengeluarkan Surat Keputusan yang mengagendakan perayaan Iraw Tengkayu dua tahun sekali” keputusan ini kami buat dengan SK bernmor 28/sk-ldp/XII/2005” terang ia lagi .

“Apa lagi Walikota mendukung hal ini sangat bagus sekali jelas ia genbira . Tapi ia mengingatkan, agar dana perayaan Iraw Tengkayu dimasukkan dalam Anggran APBD dan bertepatan pada hari Jadi Kota Tarakan .

Husein Hendy /Humas dan Komunikasi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "iraw tengkayu"

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar